Easy Money : Jual Barang Preloved, Tinkerlust Saja

November 19, 2016 23 Comments A+ a-


Sumber Gambar : Tinkerlust.com

"Your closet is your investment"

Satu hal yang aku kepikiran tiap beli barang entah itu tas, baju, sepatu, atau bahkan kalung adalah alasan kalau yang aku beli itu investasi. Yang setelah kita pakai karena dia oh-so-vintage bisa bikin harganya jadi meningkat.

Seminggu terakhir karena barang barang preloved lagi in banget di pasaran, aku juga penasaran banget pingin coba. Kalau laku, bisa jadi modal lagi untuk beli yang lain, ya kan? Am I right or am I right? :)

Semaleman milihin barang-barang apa yang mau dipindahtangankan, akhirnya aku dapet 9 item. Lengkap ada baju, dompet, tas, sampai sepatu. Tinggal pilih nih mau dibantu sama siapa, setelah google dan stalk beberapa instagram, akhirnya aku pilih Tinkerlust.

Langkah-langkah untuk handover barang kita mudah banget bisa disambi ngerjain report di kantor atau pas memecah kemacetan Jakarta.
  1. Klik start selling
  2. Isi data diri selengkap mungkin
  3. Isi berapa barang yang mau dikirim, ini yang aku suka dari tinkerlust, untuk lebih dari 10 barang yang mau kita kirim, barang-barang kita bisa di-pick-up oleh kurir (free)
  4. Sit back and relax and wait for your cash
Gampang banget kan? Tapi ga seru dong ya kalau ga ada drama

DRAMA #1 - PICK UP

Sesuai dengan yang diisi waktu isi data diri, kita pilih waktu pick up nya kan. Berhubung waktu itu pesawat di-reschedule sepihak (baca: jalan-jalan MotoGP, kasih link kalau udah ditulis ya haha) dan aku lupa kabarin orang rumah kalau ada yang mau ambil barang, alhasil barang barang ga jadi diambil sesuai jadwal karena dikira orang rumah si bapak bapaknya adalah MALING (mohon maaf ya Pak). Karena tekad untuk jual barang masih tinggi, aku langsung line customer servicenya. Pelayanannya cukup baik (walaupun kalo bales Line rada lama sih, banyak kali ya yang rewel kayak aku), barang-barangku bisa dijadwalkan pick up ulang. 

Percakapan Kita di Line:

Caption: Cukup responsif kan walau dibalesnya agak lama


DRAMA #2 - PRICING

Hari Kamis barang barangku udah dipick-up, hari Jumat langsung aku Line ke customer service kapan aku bisa tahu harganya, dan dibalas tunggu 3-5 hari untuk barangnya dikurasi. OK. Hari Rabunya, berarti udah hampir seminggu ya, aku tanya lagi kok belum ada ya email yang isinya harga? Katanya akan dikirim ulang. OK. Langsung aku cek email baru masuk emailnya, langsung ada 2. Ternyata dari 9 item yang aku kirim, cuma 4 item yang diterima, karena sisa 5 itemnya ada yang robek dan bernoda. Yaudalahyaa daripada ga ada sama sekali. Dari harga yang dia kasih, aku masih belum sreg nih, menurutku kemurahan (dibandingkan sama kondisi barang dan harga beli). Aku langsung balas email dengan harga yang menurutku sesuai (walaupun sebenernya aku ga butuh uangnya sih). OK. Ga lama kemudian, sekitar 40 menit dari aku email, dibalas kalau harganya akan langsung update. OK.

kekecilan ga sih? kebaca lah ya
zoom deh kalau masih ga kebaca

DRAMA #3 - RETURNS

Tadi kan ada 5 item kan yang ga bisa dipajang di Tinkerlust, jadi aku minta jadwalkan untuk pengembalian. Caranya, waktu kita confirm harga di email kita sekalian tuh jadwalkan untuk untuk pengembalian barangnya. Aku jadwalkan di hari Jumat, cuma sekarang udah hari Minggu, barangnya masih belum sampai rumah. Aku line lagi deh ya, hari Senin.


Iseng - iseng nih, aku cek prelovedku udah laku apa belum ya (cek kolesiku yaa:  Preloved by Paarl) Semua koleksiku sudah dipajang, dan DUA (2) item sudah laku (Yeeay, alhamdulillah!). Tinggal tunggu 2 lagi nih yang laku, mari mari dipilih barangkali ada yang minat. Dompet Tory Burch-nya masih ada loh di toko tapi kamu bisa dapet dengan harga yang super miriiiiingggg.

do visit my preloved on tinkerlust, siapa tau tertarik beli barangku huehuehue 


Sesuai informasi, uangnya akan ditransfer tanggal 1 di bulan depan setelah barangnya laku. OK. Berarti uangku akan masuk ke nomer rekening yang aku submit di 1 Desember.
Let's wait patiently :)

Gimana? Gampang kan. Mulai dari daftar sampai confirm harga aku lakukan dari handphone.
Happy shopping and selling, folks~

Jangan cuma mampir tapi belanja juga di Tinkerlust-ku ya

We run the blog together while going places, food tasting, and doing many many things in between

23 comments

Write comments
19 November 2016 23.27 delete

Boleh juga, nih. Jaid gak bingung lagi kalau masuh punya pakaian yang udah gak dipakai tapi kondisi masih bagus

Reply
avatar
20 November 2016 00.54 delete

Wah, asyik nih. Bisa dicoba, ada beberapa barang yang masih bagus dan rasanya juga nggak bakalan kepake samaku lagi kayaknya.

Reply
avatar
Inklocita
AUTHOR
20 November 2016 08.05 delete

iyaa ayo dicoba lumayan bisa muter lagi buat beli yang baru haha

Reply
avatar
Inklocita
AUTHOR
20 November 2016 08.05 delete

ayo ayo dicoba, dicoba lihat punyaku, ada yang minat ga hehehehe

Reply
avatar
Relita Aprisa
AUTHOR
20 November 2016 19.50 delete

Wah sekarang semuanya serba online yaa mba, mpe barang bekas bisa dijual scr ol :) dulu pas masih kuliah seringnya baju2 bekas d sumbangin buat organisasi terus buka lapak di pasar

Reply
avatar
21 November 2016 11.23 delete

baru tau tinkerlust bisa jualan preloved juga, biasanya aku jualan di lapak2 yg sudah terkenal itu. Kayaknya ini beda ya karena barangnya di pick up sama mereka, jadi kita ngga langsung berhubungan sama pembeli ya?

Reply
avatar
@miss_nidy
AUTHOR
21 November 2016 11.42 delete

Wah boleh nih kapan2 dicoba buat ngebersihin lemari :D

Reply
avatar
23 November 2016 21.03 delete

Pengen coba sih jual barang di tinkerlust, soalnya banyak baju yang udah gak suka modelnya dan kekecilan wkwk. Makasih mbak infonya. :)

Reply
avatar
24 November 2016 10.10 delete

Ihh aku pingin juga jual lagi kumpulin barang-barangnya duluu niihh :))

Reply
avatar
Inklocita
AUTHOR
27 November 2016 21.15 delete

iyaaa banget, aku juga udah pernah antri dari jam 3 subuh demi dapet lapak buat danus/ dana usaha pas kuliah haha. enaknya barang kita dijemput Mbak, kita tinggal diem aja hehe

Reply
avatar
Inklocita
AUTHOR
27 November 2016 21.18 delete

Justru di Tinkerlust, jualan barang preloved semuaa. Iya di pick up dan difotoin, jadi no effort banget hehe cocok buat Pemales BU haha

Reply
avatar
Inklocita
AUTHOR
27 November 2016 21.19 delete

ayooo dicoba, siapa tau berminat beli punyaku hehehe

Reply
avatar
Inklocita
AUTHOR
27 November 2016 21.20 delete

boleh Mbak, tinggal beeres beres terus kirimmmmm

Reply
avatar
Inklocita
AUTHOR
27 November 2016 21.22 delete

sama samaaa :) iya Mbak daripada nganggur di lemari, mending kita isi dengan yang lebih bermanfaat (baca: baju baru alhamdulillah) haha

Reply
avatar
Inklocita
AUTHOR
27 November 2016 21.22 delete

iyaaa Mbak aku juga nih pingin lagi, nunggu yang ini lakuu haha

Reply
avatar
28 November 2016 10.57 delete

Tinkerlust membantu banget sih menurutku, karena dari segi foto dan customer yang nanya mereka yang nanganin :)..aku sempet jual prelovedku juga disitu tapi baru satu hehehe, blum bongkar lemari lagi hehehe

Reply
avatar
Inklocita
AUTHOR
28 November 2016 17.09 delete

Iya banget Mbak, enaknya sih kita ga perlu motomoto dan pusing gimana caranya tu barang jadi ok. Cobain lg Mbak, siapa tau minat punyaku hehehehe

Reply
avatar
29 November 2016 10.44 delete

Baru tahu baru tahu, kapan2 nyoba ah. MAkasih infona ya Mbak :)

Reply
avatar
Inklocita
AUTHOR
29 November 2016 19.38 delete

Sama samaa ayo dicoba dan siapa tau minat prelovedku hehehe

Reply
avatar
Mugniar
AUTHOR
19 Februari 2017 19.37 delete

Waah sudah sold out saja :)

Reply
avatar
Inklocita
AUTHOR
27 Maret 2017 13.44 delete

Iyaaa tapi ada yg ga laku laku akhirnya aku pake lagi aja ghahaha

Reply
avatar
21 Mei 2017 19.59 delete

Jadi ngiler, ingin ikut jualan.

Reply
avatar