Mudahnya Apply Visa Jepang

April 09, 2017 13 Comments A+ a-


Cerita lengkapnya ada di #inkwent to JAPAN

Setelah punya tiket dan tempat menginap, barulah kita bisa apply visa. Karena salah satu syaratnya harus sudah punya tiket penerbangan (tentunya) dan penginapan selama di Jepang. Kita memutuskan untuk membuat visa sendiri tanpa menggunakan biro jasa, ya itung-itung nambah pengalaman dan buat bisa diceritain ke orang lain.

Ada beberapa hal nih yang harus diingat, visa Jepang berlaku selama 3 bulan dan dapat digunakan selama 15 hari di Jepang. Pembuatan visa memakan waktu minimal 4 hari kerja. Kita kumpulin berkas di hari Jumat, 20 Januari 2017 kemudian visanya jadi Senin, 23 Januari 2017 tapi karena sibuk bekerja baru kita ambil hari Rabu-nya.

Semua informasi terkait pembuatan visa bisa dilihat di website Kedutaan Jepang, tapi tetap bakal kita ceritakan detail disini. Sesuai link diatas, kita akan buat Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Wisata dengan Biaya Sendiri,  oh iya paspor yang kita pakai, adalah paspor biasa, BUKAN E-PASPOR.

Mengumpulkan Berkas
Loket untuk pengumpulan berkas pembuatan visa buka jam 8:45 sampai jam 12:00, tapi kita sudah mulai antri dari sekitar jam 7:30, antri-nya rapih kok karena disediakan kursi di depan pintu masuk. Tepat jam 8:45 kita dipesilahkan masuk. Jangan lupa siapkan KTP ya karena nantinya akan ditukarkan dengan gelang tanda masuk yang akan ditukar lagi saat keluar.

Di dalam kita ambil nomor antrian, kita pilih yang kategori A1 karena kalau yang lainnya itu untuk pemegang paspor Jepang. Oh iya jangan sampai bengong ya nunggunya, karena kalau nomornya dipanggil terus kelewat kita musti ambil nomor antrian baru lagi. Nah dan juga dari luar sampai dalem ruang tunggu ini kita ga diperbolehkan untuk foto-foto, jadi kita diem-diem aja anteng sambil nunggu.

Setelah menunggu sekitar 30 menit, nomor kita akhirnya dipanggil. Kalau memang perginya barengan bisa dititip kok, asalkan semu persyaratan sudah terpenuhi. Kita dilayani di 1 loket bareng-bareng. Kita lupa belum tanda tangan di paspor, di bagian paling belakang lalu akhirnya disuruh tanda tangan dulu. Pas di loketnya Mbak-nya nanya, ini ga ada bukti rekeningnya ya? dengan mantap kita jawab Ga Ada.
(soalnya kita pake surat keterangan kerja dari kantor BUMN, jadi rekening koran ga perlu).

Selesai semuanya kita tinggal pulang deh, untuk ambil visa-nya lagi kita dikasih potongan kertas. Ambilnya juga bisa dititipin kok, asalkan bukti penyerahannya itu (potongan kertas) dibawa. Menurut Mbak-nya prosesnya kurang lebih 4 hari kerja ya.

Pengambilan Visa
Loket untuk pengambilan visa dibuka jam 13:30 sampai 15:00 jadi yang mau ngambil jangan sampai telat ya. Aku ambil visa-nya sendiri karena dia sibuk kerja. Sama seperti pas pengumpulan berkas, kita akan tuker KTP untuk dikasih gelang. Selanjutnya ambil nomor antrian lagi dan tunggu dengan sabar. Yeee akhirnya paspor kita dibalikin dan udah ditempel stiker visa-nya. Jangan lupa ya bayar biaya-nya tunai sebesar Rp. 330 ribu

Gimana? mudah kan apply visa Jepang. Semoga artikel ini membantu kalian yang mau apply visa yaa. Buat yang e-Paspor maaf ya kita belum berpengalaman hehehe. 
Cerita lengkapnya ada di #inkwent to JAPAN !!!

#inklocita #inkwent #japan

We run the blog together while going places, food tasting, and doing many many things in between

13 comments

Write comments
Inklocita
AUTHOR
10 April 2017 20.01 delete

Feel free to ask us anything :)

Reply
avatar
11 April 2017 13.39 delete

Lha urus sendiri murah ya 350, kog kalau dibikinin org bs selisihnya jauh banget. Gak boleh bengong dan harus hati2 sama nomor urutan hahaha

Reply
avatar
Inklocita
AUTHOR
12 April 2017 10.39 delete

Iyaa Mbak lumayan sih plus biaya nyetak foto sih hehe. Enaknya kalo sendiri sih jadi tau prosesnya kayak apa. Iyaa jangan bengong atau terlalu sibuk main hp hihi

Reply
avatar
12 April 2017 15.08 delete

Thanks ia udah mau berbagi Informasi dan Pengalamannya, jadi kepingin ngurus Visa Sendiri ...

Reply
avatar
Inklocita
AUTHOR
12 April 2017 15.12 delete

Sama-samaaa, terima kasih juga udah mampir ya. Betul ngurus sendiri itung-itung nambah pengetahuan haha

Reply
avatar
Rina Doria
AUTHOR
13 April 2017 12.06 delete

Those cherry blossoms are just so pretty!

xoxo
Rina Samantha
http://www.andshedressed.com

Reply
avatar
Amanda ratih
AUTHOR
7 Mei 2017 02.58 delete

Mudaaaaah banget, pengen ke Jepang nganter adek sekolah tahun depan. Ini mah sama kayak bikin paspor doang ya, saya pikir susyeh

Reply
avatar
13 Mei 2017 19.55 delete

Bikin baper ih baca blog ini... :(

Reply
avatar
Inklocita
AUTHOR
13 Mei 2017 22.31 delete

mudah banget kooook, ayo Mbak pasti bisa kok buat sendiri. iyaaa kayak bikin paspor, sama sekali balik untuk ambil.

Reply
avatar
Inklocita
AUTHOR
13 Mei 2017 22.32 delete

yaaa kenapa kamu baper

Reply
avatar