Hari 4 Jepang - Kyoto kala Hujan

Mei 13, 2017 29 Comments A+ a-

Hari ini kita akan melanjutkan perjalanan ke Kyoto!!! Lain dengan ke Toyama, shinkansen ke Kyoto ini tidak perlu reserved. First come first served. Gerbong non-reserved ini ada 5 dengan kapasistas sekitar 100-an orang. Jadi tidak perlu takut kehabisan tempat. Untuk cek jadwal shinkansen lengkap sampai track nya kita pakai Navitime for iOS.

Karena Tokyo subway pass kita sudah expired, kita mulai bepergian dengan JR Pass. Kita naik shinkansen ke Kyoto sekitar jam 7:30, karena ini sudah kali kedua naik shinkansen jadi sepanjang jalan kita tidur.

Kita sampai di Kyoto sekitar pukul 10:30. Stasiunnya ramai, tapi tidak seramai di Kyoto. Entah kenapa, di Kyoto itu rasanya damai. Tenang. Kalo di Indonesia, ibarat Yogyakarta/ Bandung kali ya.

Kita disambut hujan lebat di Kyoto. Jadi kita memutuskan untuk makan dulu di Kyoto Station. Cari - cari yang murah, kita pilih makan kari; cara pesannya sama kayak di vending machine. Jangan takut, menunya ada yang bahasa Inggris kok jadi di mesinnya kita tinggal tekan angkanya.
Kyoto Bus
Selama perjalanan kita di Kyoto, kita pakai Kyoto Bus Pass, kenapa bus, karena tempat wisatanya Kyoto ini lebih mudah dijangkau dengan bus, stasiunnya hanya mencakup tengah kota, sedangkan objek wisata Kyoto ini cukup dari ujung ke ujung. Belinya mudah kok, di tengah stasiun, ada tourist center, cukup bilang mau beli Kyoto All day pass, harganya ¥500 sehari dan bisa dipakai berkali - kali dalam sehari. Tiketnya ini berlaku sehari, kalau kita mau beli untuk 2 hari, akan dikasih 2 tiket.

Ada yang baru sadar kalau harga nintendo switch di Jepang itu murah banget, jadi kita berusaha kunjungi Bic Camera atau Yodobashi yang terlewati. Daan di Bic Camera dekat Kyoto Station habis. Karena bawaan sudah berat banget jadi kita mau cepat - cepat taro tas di airbnb kita di Nishikyogoku, untuk ke area ini cukup naik bis nomor 28 di halte D dan turun di halte Minami-hiromachi. Perjalanan ke airbnb makan waktu sekitar 30 menit. Setelah dapat pengarahan dari host kita Masanobu, yang sempet keki karena ada yang masuk pakai sepatu, akhirnya kita berangkat ke pemberhentian pertama Arashiyama.

Kita turun di halte Saga Arashiyama. Sayangnya kali itu Kyoto lagi diguyur hujan seharian. Termasuk pas kita jalan jalan. Di sepanjang jalan ke Arashiyama itu penuh banget toko - toko, mulai dari toko oleh - oleh sampai restoran.

Liat - liat ke instagram orang, Tenryu-ji itu lagi bagus banget, ingat kalau yang akhirannya ji itu bayar, kita numpang lewat aja. Sepanjang jalan, banyak banget yang pake kimono dan bahkan naik yang semacam becak tapi yang narik orang.
Tenryu Ji

Arashiyama bamboo forest ini masuknya gratis, sesuai namanya isinya memang hutan - hutan bambu. Bambunya rapat dan rapih makanya kelihatan photogenic. Karena lagi hujan, foto - foto kita terhambat, ribet pegang kamera dan pegang payung.
Bamboo Forest
Dan yang kata orang Indonesia enak banget itu adalah %Arabica Kyoto Arashiyama. Yang antrinya cukup panjang, sekitar 30 menit. Khas Jepang banget, tokonya super kecil dan antri. Kita pesan 1 cup reguler ¥500. Yang asik adalah nongkrong di pinggir Katsura River sambil ngobrol keren. Entah kenapa rasanya biasa aja, enakan Kopi Tuku di Cipete.

Berikutnya kita mau ke Nishiki Street, pusat perbelanjaan di Kyoto. Lihat di jadwal bus, bus ke kota itu ada di jam 15:00 dan berikutnya lagi di jam 15:40 makanya kita cepat - cepat ke Halte di seberang jembatan dan alhamdulillah bus terkejar.

Alhamdulillah nemu snore stopper yang diidam-idamkan Bunda. Pencarian panjang terhenti sampai Tokyu Hands. Buat yang belum sempat ke Pokemon Center di Tokyo, ada juga kok di Takashimaya Kyoto. Di Jepang banyak banget toko yang jugal barang barang gemes, yang sekali masuk, rasanya pingin ngeborong. Salah satunya Loft. Ada Disney Store juga. Setiap belanja diatas ¥5000, kita bisa refund tax-nya, semacam GST refund kalau di Singapur. Jangan lupa untuk refund harus di hari yang sama, kasih lihat kartu kredit kalau bayar pakai kartu kredit dan harus kasih lihat paspor.

Sembari keliling keliling, kita sambil liat - liat restoran, yang keliatannya enak di lidah dan kantong. Akhirnya menemukan Miyako, restoran soba, makannya sambil berdiri. Pesannya langsung ke kokinya, tinggal tunjuk ada menu bahasa Inggris. Yang bikin kita tambah sreg, ada orang Surabaya yang ngomong, "Enak banget ini kayak indomie!" Beneran enak dan harganya lumayan murah, ¥720 untuk 2 mangkok soba. Minumnya ocha, gratis dan bisa refill juga.

Berhubung toko - toko di Kyoto juga tutup jam 20:00 kita mengakhiri malam di Kyoto dan kembali ke airbnb. Setiap pulang kita selalu mampir ke supermarket Seria dan buat yang mau beli oleh - oleh kayak Kitkat greentea, mending beli di supermarket karena jauh lebih murah.

Tips naik Bus di Kyoto
  1. Google Maps halte terdekatmu dan halte tujuanmu.
  2. Di Arukumachi Bus Timetable masukan halte posisimu dan halte tujuan.
  3. Cocokan jam supaya kamu bisa naik bus yang sesuai.
Baca cerita lengkap liburan kita di Jepang !!!

#inklocita #inkwent #japan

We run the blog together while going places, food tasting, and doing many many things in between

29 comments

Write comments
13 Mei 2017 19.34 delete

Haduuu bikin pengen kesana,,, sayang banget hujan ya, tapi cukup seru...oia komen orang surabaya yang bilang kayak indomie itu di instagram atau waktu ketemu di sana?
lanjut lagi ke halaman berikutnya dulu gw nih,,,baru komen lebih lanjut... :)

13 Mei 2017 22.39 delete

ngomong dia beneran, di depan tokonya pas kita baru nongol nongol mau masuk. iya makasih loh udah mampir di banyak post kita. kamu memang kereeeen :D

He He He He
14 Mei 2017 00.20 delete

Wow di jepang, Keren :D. Sepertinya sangat menyenangkan liburan di jepang :) salam kenal.
Hasil jepretannya bagus

14 Mei 2017 09.14 delete

Iyaaa asik banget, 9hari yg tidak terlupakan hehehe. Waaaah terima kasih

14 Mei 2017 09.33 delete

Mb..aku terpesona sama hutan bambunya. Kok bisa ya rapi gitu.. Mmng bambunya sama nggak dengan yang di negara kita? Klo di sini..bambu kan cenderung kesannya kumuh. Biasanya nemu dipinggir kali. Eh di jepang bisa jadi tmpat wisata yang oke yaa

14 Mei 2017 10.01 delete

iyaaa rapih banget, padahal sama sih kalo diliat mah bambu bambu juga haha, kalo disini bikin bisa juga kali ya, dibikin rapet

Lucky Caesar
14 Mei 2017 13.51 delete

Bagusss bangeeet foto-fotonyaaa mbaak, jadi pengen ke sanaa. apalagi ke arasiyama bamboo forest :D hijau banget, seger liatnyaa :D

He He He He
14 Mei 2017 23.51 delete

WOW 9 Hari di Jepang, dan ini baru hari ke 4. Sepertinya akan ada hal menarik lainnya. :)

15 Mei 2017 12.00 delete

Bagus-bagus fotonya.
Bikin pengen ke Jepang.

15 Mei 2017 15.00 delete

Hahah, keren.. The awesome place, Nippon..

15 Mei 2017 15.07 delete

aaah asik sekali bisa ke Jepang, salah satu tempat yang pengen aku datangin
pas baca postingan ini jadi tambah pengen deh hehehe

www.deniathly.com

15 Mei 2017 17.24 delete

Iyaa nantikan yaa di inklocita.com hihihi :p

15 Mei 2017 17.25 delete

Iyaaa padahal pas kita kesana sebelnya lagi ujan, jadi ga sekeren foto orang orang hehe tapi tetap bagus sih haha

15 Mei 2017 17.26 delete

Iyaa ayo disegerakan ke Jepang hehe

15 Mei 2017 17.27 delete

Iyaaa emang keren sih Jepang

15 Mei 2017 17.28 delete

Ayo ayo semangat ke Jepang, seru banget emang. Apalagi kalo partnernya seru haha

Rika Wa
21 Mei 2017 16.54 delete

Masya Allah..bamboo forestnyaaaaaa...kereeeeen
Semakin pengeeen ke Jepang

21 Mei 2017 19.06 delete

emang mantap Mbaaak, ayooo ke Jepang

ben benavita
22 Mei 2017 13.23 delete

hilang fokus karena ngneliat foto cewek rambut jepang itu. kepangannya bagus ya.

22 Mei 2017 18.12 delete

Hahaha baru nyadar saya malah

Wahab Saputra
24 Mei 2017 16.20 delete

Ngebaca artikel perjalan di hari ke-4 sudah bisa ditebak, pasti hari 1,2 dan 3 juga gak kalah menyenangkan...

26 Mei 2017 16.19 delete

hehehe boleh loh mampir jugaaaa

28 Mei 2017 02.48 delete

Menyenangkan berada di negeri orang tapi berasa negeri sendiri ya, karena masih ada hujan dan sejuknya di hutan bambu yang tersusus rapi. Dan enaknya lagi kalau ga bisa bahasa Jepang masih ada keterangan untuk bahasa Inggrisnya pula. Lha kalau ga bisa bahasa Inggris juga trus nikmatin travelling nya gimana dong ahaha

28 Mei 2017 17.19 delete

Masih ada bahasa isyarat Mbak haha

Efi Fitriyyah
4 Juni 2017 05.59 delete

jepang ini salah satu impian destinasi liburanku. Huaaa Kyoto cakep, ya. Hutan bambunya instagramable. Sayang kalau ga banyakin stok foto di sana hihihi

11 Juni 2017 14.35 delete

Arashiyama terlihat segar sekaliii. 3 tahun yang ke lalu aku ke Kyoto tapi karena waktunya sedikit nggak sempat kesiniii :"( Hope to visit here someday soon !

Dee - HDR
20 Juni 2017 11.34 delete

Pake kamera apa ini, kak? Bersih banget hasil fotonya :)

16 Agustus 2017 14.58 delete

hutan bambunya cakep banget kak.. sangat sangaaaat baguuuus.

23 Oktober 2017 14.52 delete

wahh hasil fotonya keren-keren kak, di jepang memang banyak banget tempat yang bisa kita kunjungi.. :)